•  
  • MEMBANGUN KALTIM UNTUK SEMUA
Profil
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

Akademi Keperawatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang bertempat di jalan Anggur No. 88 Samarinda semula bernama Akper Abdul  Wahab Sjahranie Samarinda yang ditetapkan dengan keputusan Gubernur Kepala Daerah Tk. I Kaltim No. 022/SK/Diklat/1990 Tanggal 1 September 1990 dan sejak berdirinya menempati ruangan di RSU A. Wahab Sjahranie Samarinda Jl. Dr. Sutomo Samarinda yang merupakan akademi Keperawatan yang pertama di Kalimantan Timur sesuai dengan  SK Gubernur Nomor : 464 Tahun 1991,Tanggal 8 Oktober 1991 sebagai unit pelaksana tekhnis pemerintah daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada kepala daerah (Gubernur).Seiring dengan perkembangan regulasi dan otonomi daerah, berdasarkan surat Keputusan Gubernur Kaltim Nomor : 16 Tahun 2001 Tanggal 24 September 2001, kedudukan Akademi Keperawatan Pemprov Kaltim diubah menjadi Unit Pelaksana Tekhnis Daerah Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, yang dipimpin oleh seorang Kepala  yang dalam pelaksanaan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Timur.

Akademi Keperawatan ini mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 1990/1991 berjumlah 31 orang dengan status Pegawai Negeri Sipil (tugas belajar). Pendidikan ini dipersiapkan oleh para perintisnya pada waktu itu untuk memenuhi kebutuhan tenaga keperawatan tingkat Ahli Madya untuk rumah sakit-rumah sakit dan Puskesmas di Kalimantan timur.

Para perintisnya tersebut membentuk tim kerja yang terdiri dari dr. T.M. Sinaga ( Direktur RSUD A. Wahab Sjahranie pada waktu itu), Susanto SMIP (Tenaga Keperawatan pada RSU.AWS pada waktu itu), Drs. Marsono (Staf RSU.AWS), Hj. Siti Amaniah (Ka.Bid Keperawatan RSU.AWS pada waktu itu) dan dra. Hj. Farida Widyawati (sekarang Kepala Badan Diklat Pem.Prov. Kaltim), Drs. Yanto (Staf Kanwil depkes Prop. Kaltim pada waktu itu), dr. Sofyan Hasdam, Sp.S (dr. Spesialis Syaraf RSU.AWS pada waktu itu), Happy Gunawan, B.Sc.S.Pd (Staf Keperawatan RSU AWS pada waktu itu).

Pada saat mulai operasional Institusi Akper tersebut dikepalai oleh seorang Direktur, yaitu Dra. Nursima yang menjabat sampai dengan tahun 1992 dan dibantu beberapa staf dari RSU AWS serta Kantor Gubernur Kalimantan Timur. Selanjutnya Direktur Akper dijabat oleh Hartianah Z, S.Kp (sekarang Kepala Bapelkes DepKes Samarinda) sampai tahun 2001, kemudian dilanjutkan oleh Happy Gunawan, B.Sc, S.Pd sampai dengan bulan April 2002 dan sejak April 2002 kedudukan Akper berubah menjadi UPTD pada Dinas Kesehatan Proipinsi Kaltim dengan Pelaksana Tugas adalah Drs. H. Hamsyi Djamhary,MM. Kemudian pada bulan Oktober 2003 Kepala UPTD Akper Pemprov Kaltim dijabat oleh Dra. Hj. Rusdiaty, A.Md.Kep. dan pada tanggal 17 Mei 2010 dijabat oleh Achmad Saubani, S.SiT, M.Si sampai dengan sekarang.

Pada saat ini Akper Pemprov Kaltim telah melaksanakan beberapa kali akreditasi, terakhir  mendapatkan Akreditasi dari Pusdiknakes Depkes RI tanggal 17 Juni 2011 dengan nilai Strata A (89,65).

 


Download Game Download Game Gratis Game Gratis